Di Bojonegoro, Petani Pakai Elpiji 3 Kg Untuk Bahan Bakar Pompa Air

Di Bojonegoro, Petani Pakai Elpiji 3 Kg Untuk Bahan Bakar Pompa Air – Waktu musim kemarau menempa, beberapa petani di Bojonegoro harus memutar otak untuk mengairi persawahan dengan budget sehemat mungkin. Mereka pada akhirnya memakai elpiji 3 kg jadi bahan bakar pompa air.

di sejumlah persawahan dekat sungai Bengawan Solo serta Sungai Pacal di Bojonegoro, banyak petani yang ganti bahan bakar pompa air. Dari BBM type premium jadi gas elpiji.

“Gunakan elpiji sebab lebih hemat dibanding gunakan bensin. Ditambah lagi bensin juga susah didapatkan. Untuk satu tabung elpiji 3 kg itu dapat digunakan 10 jam bahan bakar diesel,” kata salah seseorang petani Isman, Selasa (9/7/2019).

Sesaat Dinas Perdagangan Bojonegoro lakukan sidak di sejumlah tempat penjualan elpiji. Baik pada tingkat pengecer atau pangkalan. Sidak dikerjakan supaya tidak berlangsung kekurangan atau kelangkaan elpiji.

Di sejumlah pengecer, banyak elpiji 3 kg yang di jual pada bidang pertanian. Plt Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro Agus Hariyana membetulkan, elpiji itu dipakai beberapa petani jadi bahan bakar mesin pompa air di persawahan.

“Sekarang ini banyak petani yang menggunakan elpiji 3 kg untuk alat pertanian seperti mesin penyedot air. Seharusnya cuma dibikin rumah tangga. Hingga berlangsung perubahan penggunaan elpiji dari rumah tangga ke pertanian,” kata Agus.

Agus mengaku bila elpiji sudah disalahgunakan. Dalam sidak, Agus meringkas fakta pengecer yang jual elpiji ke petani supaya stock dagangan yang dipunyai cepat habis.

“Jika stock elpiji 3 kg belakangan ini aman. Kami jual ke pengecer serta customer masih Rp 16 ribu untuk ukuran 3 kg. Penjualan sesuai dengan HET serta langsung ke customer rumah tangga,” kata Adi, pemilik satu diantara pangkalan elpiji di Kecamatan Sukowesu, Bojonegoro.

Walau elpiji 3 kg sekarang banyak dipakai di bidang pertanian, Disperindag Bojonegoro pastikan stock elpiji 3 aman. Bila masyarakat kesusahan memperoleh elpiji melon langsung bisa beli ke SPBU atau pangkalan sah.