Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Mengajak Perangi Korupsi Dengan Sepeda Motor

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Mengajak Perangi Korupsi Dengan Sepeda Motor – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengevaluasi penerapan UNBK di SMA Negeri 1 Maos, Cilacap ini hari. Ganjar datang dengan memakai sepeda motor AD 2020 MQ.

Selesai memonitor jalannya UNBK di sekolah itu. Ganjar lalu memonitor jalannya pekerjaan belajar mengajar yang berada di SMA Negeri 1 Maos. Dalam peluang itu, Ganjar minta beberapa siswa agar bisa mengampanyekan pergerakan pendidikan anti korupsi.

Di ruang IPS, 3 dimana beberapa siswa tengah pelajari mata pelajaran Bahasa Jawa, Ganjar yang masuk keruangan minta beberapa siswa untuk mengaplikasikan langkah berkampanye utamanya pendidikan anti korupsi memakai Bahasa Jawa.

“Sopo sing wani kampanye anti korupsi?. Jelaske karo kancane nganggo bahasa jowo, jowo style Solo entuk, Ngapak-ngapak ora papah (Siapa yang berani kampanye antikorupsi? Terangkan pada teman-temannya memakai Bahasa Jawa. Bahasa Jawa style Solo, bisa. Ngapak-ngapak, tidak apa-apa),” bertanya Ganjar pada siswa.

Salah seseorang siswi, Haya Safa Kamila langsung tunjuk tangan serta membulatkan tekad untuk berkampanye anti korupsi di muka Ganjar serta teman-temannya.

“Mari sedulur, saja pada korupsi, korupsi kue elek, korupsi kue ala, korupsi kue dosa, cekap sementen (Mari saudara, janganlah pada korupsi, korupsi itu buruk, korupsi itu dosa,sampai disini),” tutur Haya.

Sesudah itu Ganjar kembali mengevaluasi semua kelas dah kembali masuk di kelas MIPA 6. Disana Ganjar pula minta siswa bernama Noval Faturohman untuk mengampanyekan utamanya pendidikan anti korupsi.

“Bagaimana triknya menahan korupsi atau ajak orang supaya tidak korupsi. Kamu saya meminta ajak rekan-rekan menahan korupsi semenjak di bangku sekolah,” kata Ganjar.

“Rekan-rekan yang saya sayangi, saya akan mengampanyekan bagaimana triknya menahan korupsi semenjak di bangku SMA. Yang pertama kalian itu mesti berlaku jujur, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berbakti pada orangtua, contoh dari berlaku jujur dari mulai sekolah dengan tidak mencontek,” kata Noval.

Lalu Ganjar kembali minta Noval untuk menerangkan mata pelajaran apa yang sesuai dengan di tingkat SMA untuk pendidikan anti korupsi.

“Noval, umpama kita ingin mengaplikasikan pendidikan anti korupsi di SMA, mata pelajaran apa yang sesuai dengan,” meminta Ganjar pada Noval.

“PPKN atau Kewarganegaraan, ” kata Noval.

“Jika melalui pendidikan agama dapat tidak, jika pendidikan agama itu ngajarin pendidikan anti korupsi itu bagaimana?” bertanya Ganjar.

“Ya tetap berlaku jujur, kedisiplinan, tanggungjawab, sebab korupsi itu dosa,” tuturnya.

Lalu Ganjar pula menerangkan mengenai pelajaran anti korupsi lewat mata pelajaran ekonomi. Di mana ada kantin kejujuran, menurut dia dari situlah beberapa siswa bisa mulai belajar bagaimana melakukan perbuatan jujur.

“Bagaimana pelajaran ekonomi untuk anti korupsi. Kelak kita akan buat kantin kejujuran, barangnya di taruh disana, ada harga nya serta uangnya di taruh disana ada yang ngambil apa tidak,” katanya.

Sesudah mengampanyekan pendidikan anti korupsi, Noval lalu dijanjikan untuk dikasihkan satu laptop oleh Ganjar Pranowo.