Home / Berita Umum / Pasangan Jokowi-Ma’ruf Peroleh Kemenangan Dalam PSU Yang Di Gelar 3 TPS Di Sukoharjo

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Peroleh Kemenangan Dalam PSU Yang Di Gelar 3 TPS Di Sukoharjo

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Peroleh Kemenangan Dalam PSU Yang Di Gelar 3 TPS Di Sukoharjo – Tiga Tempat Pengambilan Nada (TPS) di Kapubaten Sukoharjo membuat Pengambilan Nada Kembali (PSU), Sabtu (27/4). Tiga TPS itu adalah TPS 12 Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, TPS 07 Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari serta TPS 05 Desa Karanganyar, Kecamatan Weru. Dalam perhitungan nada KPPS, pasangan Joko Widodo- Ma’ruf Amin konsisten unggul ketimbang Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Tampak di TPS 12, Desa Gedangan, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 233 nada sedang Prabowo-Sandi cuma memperoleh 23. Sedang 9 nada yang lain tdk resmi. Nada itu diperoleh dari keseluruhan 225 pemilih.

Kelebihan pasangan Jokowi-Ma’ruf di TPS 12 alami penurunan ketimbang waktu pencoblosan 17 April saat kemarin. Waktu itu pasangan 01 memperoleh 241 nada, sedang pasangan 02 mendapat 22 nada. Banyaknya keterlibatan pan juga alami penurunan. Kalau pada 17 April lantas banyaknya pemilih yg ada sejumlah 271 orang, kesempatan ini cuma 255 orang.

Disamping itu, di dua TPS yang lain, pasangan Jokowi-Ma’ruf pula mengendalikan. Di TPS 07 Toriyo Kecamatan Bendosari, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan pengumpulan 166 nada. Sedang Prabowo-Sandi cuma mendapat 65 nada. Sedang di TPS 05 Karanganyar Kecamatan Weru,
01 memperoleh 155 nada serta pasangan 02 cuma 42 nada.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Data Hukum serta Info, Muladi Wibowo memaparkan penghitungan nada akan diteruskan ketingkat kecamatan. Sekarang ini pula, katanya Panitia Penentuan Kecamatan (PPK) tengah mengerjakan rekapitulasi.

“Perhitungan akan diteruskan langsung ke tingkat kecamatan. Sekarang ini PPK pula tengah mengerjakan rekapitulasi dari hasil tingkat desa/kelurahan se-Sukoharjo,” pungkas Muladi.

Selanjutnya, Muladi pula memaparkan realisasi pengambilan suara kembali karena ada 3 masyarakat luar daerah yg tdk masuk rincian pemilih konsisten (DPT), DPTB, serta tdk miliki formulir A5 tapi di ijinkan oleh Ketua Grup Penyelenggara Pengambilan Nada (KPPS) di ijinkan mencoblos.

“Waktu itu KPPS membolehkan masyarakat luar daerah cuma membawa KTP-el serta tdk miliki formulir A5 nyoblos di TPS 12. Sesuai sama yg kami menyarankan, ini hari di TPS 12 diselenggarakan PSU dengan disertai 288 DPT serta 5 DPK (Rincian Pemilih Pribadi). Keseluruhan ada sejumlah 288 orang ikuti PSU,” kata Muladi.

About penulis